Cara Mudah Install Xampp Webserver di Windows


Sebelum kita menginstall XAMPP di windows. mari kita mengenal lebih dekat tentang webserver yang satu ini. 
apa itu XAMPP ?
Xampp adalah perangkat lunak bebas(Open Source) yang dapat berjalan di berbagai sistem operasi, xampp sebagai server yang berdiri sendiri dapat di install pada sistem operasi desktop sehingga banyak yang menjadikannya sebagai web server lokal (localhost). XAMPP juga adalah software web server apache yang di dalamnya tertanam server MySQL yang didukung dengan bahasa pemrograman PHP untuk membuat website yang dinamis. XAMPP sendiri mendukung dua system operasi yaitu windows dan Linux. Untuk linux dalam proses penginstalanny menggunakan command line sedangkan untuk windows dalam proses penginstalannya menggunakan interface grafis sehingga lebih mudah dalam penggunaaan XAMPP di Windows di banding dengan Linux.

XAMPP dikembangkan dari sebuah tim proyek bernama Apache Friends, yang terdiri dari Tim Inti (Core Team), Tim Pengembang (Development Team) & Tim Dukungan (Support Team).

Apa fungsi webserver dalam pemograman web ?

Fungsi utama sebuah server web adalah untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan. Disebabkan sebuah halaman web dapat terdiri atas berkas teks, gambar, video, dan lainnya pemanfaatan server web berfungsi pula untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web. – Wikipedia 


Source Code Login System Dengan PHP MySQL MySQLi [BASIC]



kembali ke cara penginstalan XAMPP di windows, pertama yang anda butuhkan adalah Software XAMPP itu sendiri, silahkan download di situs resminya. disini

buka file download tadi klik 2 kali kemudian akan muncul bagian awal instalasi setup wizard xampp. kemudian klik Next.

jika sudah maka akan keluar tampilan pemilihan komponen apa saja yang ingin di install di dalam web server xampp ini, silahkan untuk di sesuaikan, anda dapat meminimalisir modul-modul instalasi sesuai kebutuhan, tetapi di dalam tutorial ini saya membiarkan semuanya terinstall. jika sudah klik Next.
kemudian pilih direktori untuk tempat penginstalan  xampp dan klik next.
Langkah berikutnya adalah tampilan promosi bitnami menawarkan cara menginstall cms seperti WordPress dan lain-lain. Pada langkah ini ada sebuah checkbox pada bagian Learn more about Bitname for Xampp silahkan di hilangkan ceklis yang secara bawaan telah ada jika tidak ingin mengikuti petunjuk instalasi CMS. jika sudah klik Next
Pada langkah berikutnya Ready to Install ini sebenarnya hanya untuk memastikan apakah anda sudah yakin pada tahap-tahap sebelumnya, jika di rasa anda kurang yakin bisa menekan tombol back, tetapi dalam tutorial ini telah di uji coba langkah-langkah instalasi xampp sebagai web server lokal di tutorial ini. Jika sudah klik Next.

Selanjutnya adalah proses extract file-file xampp ke dalam hard drive folder yang telah di tetapkan sebelumnya, tunggu sampai proses instalasi selesai dimana proses ini tidak memakan waktu lama. Jika sudah klik Next.
Langkah berikutnya anda akan di bawa ke bagian Completing the Xampp Setup Wizard ini adalah langkah terakhir dalam rangkaian proses instalasi.  Terdapat checkbox Do you want to start the Control Panel now? biarkan saja ceklis tersebut, atau jika tidak ada ceklis maka silahkan berikan ceklis agar setelah ini Xampp control panel secara otomatis berjalan. Jika sudah klik finish.

Sampai disini proses intalasi xampp telah selesai, anda bisa mengecek langsung ke folder yang sebelumnya telah di arahkan. Karena pada tahap terakhir kita memberikan ceklis agar xampp control panel secara otomatis tampil maka tunggu sampai control panel tersebut muncul.
Jika Control Panel Xampp sudah muncul silahkan klik start pada Apache dan Mysql hingga tulisan Apache dan Mysql di block warna hijau, dibawah ini adalah contoh gambar Control Panel Xampp yang pada bagian apache dan mysql sudah berjalan.

terakhir Untuk menguji jika semua sudah berjalan dengan baik silahakan buka browser anda dan ketikan alamat http://localhost/ atau http://127.0.0.1/ ini adalah alamat umum komputer lokal. Jika berhasil seharusnya di arahkan ke halaman Xampp, seperti gambar dibawah.

nah.. sampai sini xampp webserver telah terinstal pada komputer anda. untuk tutorial mengenal bahasa SQL silahkan baca postingan sebelumnya

Belajar SQL dasar
avatar

Mantap ilmu nya mas!!

delete 27 Agustus, 2017 11:03
avatar

Klo Tomcat sama Mercury emangnya kegunaannya apa ya gan?

delete 27 Agustus, 2017 11:06
avatar

Xampp juga bisa buat web joomla katanya

delete 27 Agustus, 2017 11:15
avatar

Sangat bermanfaat infonya gan

delete 27 Agustus, 2017 11:43
avatar
Anonim

bagus banget tutorial lengkap gambar memudahkan pemula

delete 27 Agustus, 2017 11:46
avatar

SYurkon gan, td dpt tugas suruh bikin DB pake MySql soalnya.

delete 27 Agustus, 2017 11:59
avatar

Udah tau sih pelajaran di kampus hehe

delete 27 Agustus, 2017 12:13
avatar

Cara Mudah Install Xampp di windows

delete 27 Agustus, 2017 14:20

Mohon Tulis Komentar Dengan Bijak dan Sopan

Emoticon