Cara Mendesign Database yang Baik dan Benar


PENGERTIAN DATABASE
Basis Data dan DBMS.
Basis data (database) adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer yang dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi berupa tipe data, struktur data dan juga batasan-batasan pada data yang kemudian disimpan.

Basis data merupakan aspek yang sangat penting dalam sistem informasi karena berfungsi sebagai gudang penyimpanan data yang akan diolah lebih lanjut. Basis data menjadi penting karena dapat mengorganisasi data, menghidari duplikasi data, menghindari hubungan antar data yang tidak jelas dan juga update yang rumit. 

CARA MENDESAIN DATABASE YANG BAIK DAN BENAR

Umumnya pemula bingung bagaimana cara membuat database yg baik, scr singkat caranya sbb:

1. NORMALISASI

Kalian harus menguasai (mengerti) teknik pembuatan tabel db dengan teknik Normalisasi. 
Teknik Normalisasi merupakan sebuah teknik dalam logical desain sebuah basis data yang mengelompokkan atribut dari suatu relasi sehingga membentuk struktur relasi yang baik (tanpa redudansi).


2. RELATIONSHIP

Kalian harus mengerti apa itu Relasi Antar Table. Harus paham perbedaan dan manfaat PK (Primary Key) dan FK (foreign key) serta Index. Harus mengerti dan hindari OUTER JOIN. Gunakan INNER JOIN. Karena Tipe join dari INNER JOIN akan mengambil semua row dari table asal dan table tujuan dengan kondisi nilai key yang terkait saja, dan jika tidak maka row tersebut tidak akan muncul. 


3. PELAJARI SAMPLE DESIGN


Salah satu Struktur Database yang saya lihat solid dan teruji bertahun-tahun adalah Drupal. Bisa kalian lihat dan contoh di sini:

Mohon Tulis Komentar Dengan Bijak dan Sopan

Emoticon