Perbedaan User Interface (UI) dan User Experience (UX)

Istilah Front-End, Back-End, Full Stack, UI dan UX Design  seringkali kita dengar jika melihat lowongan pekerjaan tentang web developer. Sebuah website yang baik tidak hanya fokus pada tampilan yang enak dipandang, tapi juga memiliki kesan atau pengalaman tersendiri bagi penggunanya.

Perbedaan Front-End, Back-End dan Full Stack Developer sebelumnya sudah pernah Saya bahas pada artikel yang berjudul Pengertian Front-End Developer, Back-End Developer dan Full-Stack. Sedangkan pengertian Web Designer dan Web Developer dapat kalian baca disini.

Pada artikel kali ini kita akan memahami pengertian dari UI dan UX design. Meskipun berbeda konteksnya dengan Usability, tetapi UI dan UX Design memberikan pengaruh yang sangat berguna untuk membangun website yang  logis dan mudah untuk dipahami.

Apakah perbedaan antara UI dan UX Design?

User Interface (UI) UI adalah desain antarmuka untuk yang fokus kepada keindahan tampilan, pemilihan warna yang baik, komposisi warna yang pas, dan hal-hal lain yang membuat tampilan menjadi enak dipandang mata.

Img Source : https://www.indosmartdigital.com/tinymce/gambar/image/user-interface2.jpg
Pada sebuah website, desain antarmuka di implementasikan pada desain layout, desain logo, komposisi warna, typography dan lain-lain. Saat ini Flat Design dan Clean Design masih menjadi panduan kebanyakan web designer untuk membangun sebuah website.

User Experience (UX) 
UX adalah proses meningkatkan kepuasan pengguna dalam meningkatkan kegunaan dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna dan produk. UX lebih fokus kepada hal-hal yang bersifat fungsionalitas, memudahkan pengalaman pengguna dalam menggunakan setiap komponen yang ada pada website.

Ibarat sebuah meja makan di sebuah restoran yang menempatkan pisau di sebelah kanan dan garpu di sebelah kiri, karena kebanyakan orang akan memotong makanan dengan memegang pisau di sebelah kanan, sedangkan garpu digunakan untuk menahan gesekan terhadap objek makanan di sisi kiri.
Img Source : https://www.indosmartdigital.com/tinymce/gambar/image/user-experience.jpg 

Segala sesuatu yang memudahkan bagi pengguna harus bisa ditangkap oleh seorang UX Designer agar pengguna semakin nyaman ketika menjelajahi konten yang disajikan, sehingga tujuan dari bisnis Anda dapat tercapai.





Tag
Perbedaan web developer dan web design
Perbedaan UI dan UX Design
Perbedaan Front end, back end dan fullstack developer
Pengertian Front end, back end dan fullstack developer
Pengertian UI dan UX Design
Pengertian web developer dan web design

Mohon Tulis Komentar Dengan Bijak dan Sopan

Emoticon