Cara Mudah Upload File Website Ke Web Hosting Menggunakan FileZilla


Sambil menunggu waktu berbuka puasa saya ingin menulis tutorial sederhana tentang cara mudah meng-upload file website dari localhost ke web hosting menggunakan FileZilla. Sebenarnya ada beberapa cara untuk para pengembang website untuk mengupload ke web hosting, salah satunya dengan cara langsung mengupload melalui file manager yang terdapat pada cpanel web hosting anda. namun kali ini saya memilih cara dengan menggunakan filezilla karena lebih efisien secara waktu. Sebelum itu mari kita kenalan dulu dengan FTP (File Transfer Protocol) yang satu ini.


1. Apa itu FileZilla ? : FileZilla adalah salah satu FTP(File Transfer Protocol) client yang yang digunakan untuk mentransfer data dari komputer anda ke web hosting.

2. Bagaimana Cara Instalasi FileZilla ? : Pertama anda harus mengunduh perangkat lunak berbasis open source ini secara gratis di https://filezilla-project.org/download.php . Download dan lakukan instalasi seperti biasa. setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut.

Tampilan diatas merupakan tampilan utama dari FileZilla. dan terdapat beberapa bagian diantaranya. 



Adapun bagian-bagian tersebut yaitu :
1. Message Window
Merupakan respon atau pesan yang timbul dari proses transfer data.
2. Local Site
Merupakan tampilan folder-folder dari direktori lokal komputer anda .
3. Content Of Directory
Merupakan isi dari direktori yang anda pilih dalam direktori lokal komputer anda.
4. Status Transfer File Window
Merpakan status dari proses transfer file upload dan download, dan juga disertai dengan nama file yang ditransfer.
5. Remote Site Windows
Merupakan halaman server tujuan. Dalam hal ini yaitu hosting yang telah anda miliki. Untuk upload file website jangan lupa untuk tetap berada di folder public_html.


3. Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi FileZilla
  1. Buka aplikasi filezilla anda
  2. Kemudian, silahkan kalian masukan Host, Username dan Password, pada bagian atas bar sesuai dengan hosting kalian.
    - Host : Anda bisa menemukan informasi ini di penyedia layanan hosting Anda. Namun, Anda juga bisa langsung mengisinya dengan nama domain sebagai host-nya dalam format ftp.namadomainanda.com
    - Username : Isi dengan username cPanel anda.
    - Password : Isi dengan password cPanel kalian.
    - Port : Silahkan bagian ini anda kosongkan bila menggunakan port default, atau isi dengan port 21
  3. Selanjutnya, kita akan melakukan persiapan Upload file web yang telah kalian siapkan terlebih dahulu. Semua file web harus siap agar tidak ada kesalahan.
  4. Sekarang, kita buka file folder yang akan kita upload.
  5. Sekarang, pastikan lokasi data atau file web localhost kalian pada sebelah kiri FileZilla Client kalian, lihat gambar. 
  6. Silakan drag semua file web kalian yang nantinya akan diunggah/upload pada server hosting kalian. Pastikan semua file kalian drag/blok, lalu klik kanan dan pilih ?Upload? dan destinasi upload kalian pastikan didestinasi ke folder public_html pada server hostingan kalian. 
  7. Silakan kalian tunggu sampai file terunggah semua, apabila semua file web kalian sudah terunggah, kalian cukup mengimpor dan melakukan setelan pada konfigurasi database pada web kalian dengan benar, itu apabila kalian menggunakan database..



Untuk tutorial konfigurasi database saya akan bahas pada postingan selanjutnya, semoga bermanfaat.
"Marhaban Ya Ramadhan.."

Mohon Tulis Komentar Dengan Bijak dan Sopan

Emoticon