Cara Konfigurasi Database MySQL ke Hostinger

Pada postingan sebelumnya saya telah menulis tutorial sederhana untuk mengupload file website local kita ke web hosting menggunakan filezilla . Setelah semua berkas file kita telah selesai di upload, maka langkah selanjutnya yaitu melakukan konfigurasi database ke cpanel kita tersebut. 


Langkah 1
Langkah pertama untuk setting database adalah silahkan login ke cpanel hosting anda. Jika masih bingung menentukan hosting untuk website anda, silahkan register di https://hostinger.co.id , karena tutorial kali ini saya akan menggunakan hosting dari https://hostinger.co.id . 
  1. Buka MySQL Databases, kemudian masukkan informasi yang diperlukan, lalu klik tombol Create.
          Masukan informasi database

PENTING !! Catat informasi database MySQL yang telah Anda masukkan. informasi tersebut akan dibutuhkan di langkah selanjutnya. 


Langkah 2
Selanjutnya kita akan membuat koneksi ke databse dengan nama u266072517_name dan database kita ini memiliki  username u266072517_user.
 
Database name & Username MySQL ini sesuai dengan yang telah kita isikan di langkah 1.

Selain itu, Kita juga harus membuat password. Sebagai contoh, password yang telah kita isi tadi adalah buystuffpwd.  
Satu hal lagi yang jangan sampai  dilupakan adalah memasukkan servername atau hostname yang benar. Di Hostinger, hostname dapat ditemukan di MySQL Database. Sebagai contoh, hostname dari hostinger yang kita gunakan adalah mysql.hostinger.com.

Ada dua cara untuk membuat koneksi database PHP, yaitu dengan MySQLi dan PDO.  Kedua metode ini ternyata mendukung ‘prepared statements’ yang dapat menghapus ability untuk serangan cyber dengan metode "SQL injection attack" ketika terjadi perubahan di database. Fungsi ‘mysql_’ yang original bersifat deprecated dan tidak dapat digunakan karena tidak aman dan tidak lagi diperbarui atau dikembangkan. 
Namun kali ini saya hanya akan membahas tentang cara membuat koneksi database dengan MySQLi,

Jika anda masih bingung dengan perbedaan MySQL dan MySQLi silahkan baca dan pahami artikel berikut.

Perbedaan MySQL dan MySQLi di dalam PHP
Sedangkan pengertian dari PDO (PHP Data Object) silahkan baca disini.


MySQLi merupakan singkatan dari MySQL Improved dan secara spesifik berfungsi untuk menambahkan fitur baru ke interface MySQL. Sementara itu, PDO adalah singkatan dari PHP Data Object. Perbedaan utama antara PDO dan MySQLi adalah PDO mendukung sejumlah tipe database yang berbeda (MySQL, MS SQL, Postgre DB) dalam script yang sama, tetapi Anda hanya bisa sekali menulis data terkait fungsi. PDO bersifat ‘object oriented’, koneksi ke database dibangun dengan membuat berbagai objek. Berikut contoh membuat objek baru:
 $my_Object = new OBJECT(); 


Berikut ini merupakan contoh kode PHP dasar yang dapat digunakan untuk membuat koneksi ke database MySQL dengan MySQLi.

<php
$servername = "mysql.hostinger.com";
$database = "u266072517_name";
$username = "u266072517_user";
$password = "buystuffpwd";

//Create connection

$conn = mysqli_connect($servername, $username, $password, $database);

// Check connection

if (!$conn) {

die("Connection failed: " . mysqli_connect_error());

}
echo "Connected successfully";
mysqli_close($conn);
?>


Metode utama yang kita gunakan dalam script ini adalah mysqli_connect(). Metode ini merupakan fungsi internal PHP yang selengkapnya bisa dibaca di sini.
Di depan kode, terdapat berbagai declaration dan value yang di-assign ke variabel tersebut. Umumnya kita membutuhkan empat variabel untuk membuat koneksi: $servername, $database, $username, $password.

Baca Juga

Source Code Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web
Aplikasi Absensi Menggunakan PHP


Pada script diatas, kita telah memasukkan informasi database yang telah kita buat pada langkah sebelumnyadan selanjutnya di dalam fungsi mysqli_connect(), kita akan menggunakan 4 variabel tersebut untuk diteruskan ke fungsi.

Kemudian ada fungsi mysqli_connect() yang digunakan untuk membuat koneksi ke database dengan memanfaatkan informasi yang telah kita masukkan, dan bagian kode selanjutnya dijalankan berdasarkan keberhasilan fungsi mysqli_connect(). Apabila koneksi gagal dibuat, maka pesan seperti ini akan ditampilkan:
if ($conn->connect_error) {
    die("Connection failed: " . $conn->connect_error);
} 
dari kode diatas, jika koneksi tidak berhasil maka akan muncul pesan "Connection Failed". namun apabila koneksi berhasil dibuat maka kode yang dijalankan adalah :
 echo "Connected Succesfully"; 

Kode di atas akan menampilkan pesan koneksi berhasil dibangun. Pada pesan sebelumnya tertulis statement IF yang menyatakan adanya kegagalan tertentu. Yang terakhir adalah kode penutup seperti dibawah.
 mysql_close($conn); 

Kode di atas berfungsi untuk menutup koneksi ke database secara manual. Apabila kita lupa atau tidak memasukkan kode di atas, maka koneksi akan terhenti dengan sendirinya segera setelah script berhenti. Anda dapat menggunakan baris kode ini untuk menghentikan koneksi sebelum script berakhir. Buka script melalui domain dan jalankan kode di atas.

Langkah 3
Langkah ketiga adalah menegecek koneksi yang telah kita buat dan bagaimana cara mengatasi error. jika koneksi berhasil maka ketika kita membuka script website, pesan seperti gambar dibawah akan ditampilkan.

Mengatasi Error Koneksi PHP ke MySQL
Tentunya tampilan akan berbeda jika koneksi gagal dibuat. Error di MySQLi berbeda dengan error pada PDO.

Error jika salah memasukkan password
Misalnya, jika kita mengubah password di kode PHP (tetapi password database sama sekali tidak diubah).

Error di MySQLi:
Gagal membuat koneksi database PHP MySQL
Koneksi gagal ke server Mysql
Bila Anda memperoleh notifikasi Can’t connect to MySQL server on ‘server’ (110), maka itu berarti script tidak mendapatkan respons dari server.

Demikian tutorial cara konfigurasi database MySQL ke hostinger, semoga melalui tutorial ini, kita dapat mempelajari pengetahuan dasar tentang database dan cara membuat koneksi database PHP dengan MySQLi. 
Source :
https://hostinger.co.id
www.duniailkom.com

TAGS
cara membuat koneksi database
cara membuat koneksi database mysql connect
cara membuat koneksi database mysql dan pdo
cara konfigurasi database ke hosting

Mohon Tulis Komentar Dengan Bijak dan Sopan

Emoticon