5 Bahasa Coding yang disukai para Developer Aplikasi

Bahasa coding merupakan bahasa yang di pakai untuk setiap pengembang aplikasi dalam membuat program. Dalam setiap coding memuat berbagai macam intruksi baris kode. Saat melakukan pengembangan aplikasi, para pengembang wajib menguasai tiap coding yang ada untuk menunjang pengembangan aplikasi dan menggunakan coding yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi.
Sumber: hired.com
Menurut laporan State of Engineers 2019 milik Hired, yang telah mensurvey 700 pekerja insinyur perangkat lunak pada platform Hired. Termasuk coding yang digunakan dalam mengembangkan aplikasi tertentu.

Berikut adalah laporan dari lima bahasa coding yang disukai oleh para pengembang aplikasi :
1. Python (51%)

Python merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang diracik oleh Guido van Rossum.  Python banyak digunakan untuk membuat berbagai macam program, seperti: program CLI, Program GUI (desktop), Aplikasi Mobile, Web, IoT, Game, Program untuk Hacking, dsb.


Python juga dikenal dengan bahasa pemrograman yang mudah dipelajari, karena struktur sintaknya rapi dan mudah dipahami.
untuk teman-teman yang ingin belajar Bahasa Phyton dari awal simak tutorial dari sobat petani kode disini

2. JavaScript (49%)
 Bagi yang masih awam, tentu akan bertanya-tanya, apa itu JavaScript? JavaScript adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan dalam kurun waktu dua puluh tahun ini. Bahkan JavaScript juga dikenal sebagai salah satu dari tiga bahasa pemrograman utama bagi web developer:

  • HTML : Memungkinkan Anda untuk menambahkan konten ke halaman web.
  • CSS : Menentukan layout, style, serta keselarasan halaman website.
  • JavaScript : Menyempurnakan tampilan dan sistem halaman web.


Gambar Hanya Ilustrasi 

JavaScript dapat dipelajari dengan cepat dan mudah serta digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari meningkatkan fungsionalitas website hingga mengaktifkan permainan (games) dan software berbasis web. Selain itu, terdapat ribuan template dan aplikasi JavaScript yang bisa Anda gunakan secara gratis dan semuanya ini berkat beberapa situs, seperti Github. (sumber : 
https://www.hostinger.co.id/tutorial/apa-itu-javascript/)

3. Java (37%)
Java merupakan bahasa pemrograman multi platform. Bahasa ini dapat dijalankan hampir di perangkat yang mendukung java. Bahkan bahasa ini dapat dijalankan di telepon genggam.
Bahasa ini dibuat oleh James Gosling.

4. HTML (34%)

HTML merupakan HyperText Markup Language merupakan bahasa markup yang dapat digunakan membuat halaman web juga menampilkan tiap isi informasi yang ada di dalamnya. Bahasa markup ini dapat di tampilkan pada laman yang biasa disebut browser. Bahasa ini disebutkan di internet oleh Tims Berners-Lee. Meskipun masih banyak yang berdebat soal HTML termasuk bahasa pemrograman atau bukan, namun tidak bisa dipungkiri bahwa hampir semua elemen website mengandung HTML.


5. C++ (23%)
Dan yang terakhir adalah C++, C++ merupakan bahasa pemrograman komputer yang dikembangkan dari bahasa C. Merupakan bahasa pemrograman yang dirancang dapat berjalan pada sitem Unix. Bahasa ini dibuat oleh Bjarne Stroustrup.

Menurut laporan State of Engineers 2019 milik Hired, Terlihat bahwa Python dan JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang paling disukai oleh para pengembang aplikasi karena terdapat pada peringkat satu dan dua. Apakah kamu setuju dengan survey ini? Tulis di kolom komentar, menurutmu apasih bahasa pemrograman yang kamu sukai dalam mengembangkan project aplikasimu.



Mohon Tulis Komentar Dengan Bijak dan Sopan

Emoticon